Tuesday, June 23, 2009

Siapa tokoh yang bergerak dibalik layar GERUTAS?




Pendiri :
Dr. Ir. Muslimin Nasution, APU, kelahiran Tapanuli, 26 Januari 1939 adalah Menteri Kehutanan dan Perkebunan pada Kabinet Reformasi Pembangunan. Saat ini ia menjadi Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1958 dan lulus pada tahun 1967. Saat wisuda pada 11 November 1967, ia memperoleh predikat Sarjana Teladan. Semasa mahasiswa, Muslimin adalah seorang aktivis kampus. Pada awalnya ia menjadi ketua masa perkenalan mahasiwa baru hingga kemudian menjadi ketua Dewan Mahasiswa ITB. Beliau aktif di bidang peningkatan mutu pendidikan dan mendirikan dan menjadi ketua yayasan sekolah Al-Muslim yang menitik beratkan pada pengembangan karakter.


Dr.Sugiharto, Mantan menteri Negara BUMN ini merintis karirnya dari bawah. Semasa sekolah SMP beliau merangkap menjadi pembantu rumah tangga, dimasa SMA menjadi tukang parker bioskop. Setamat SMA baru dia merasakan kerja formal di kantor akuntan publik SGV Utomo dan Drs. Utomo Mulia & Co. disana Sugiharto mulai meniti kariernya sebagai eksekutif. Sembari bekerja dia mengambil kuliah di Universitas Jayabaya. Tamat dari sana dia juga kuliah di Universitas Indonesia. Setelah itu kariernya sebagai profesional seolah tak terbendung. Tujuh tahun lamanya Sugiharto bekerja di institusi keuangan Chemical Bank dan Bankers Trust Company New York dengan gaji awal US$6.500. Tahun 1991 secara pribadi Arifin Panigoro mengajak Sugih bergabung ke Medco dan berkarir disana sampai menjadi salah satu eksekutif sebelum diangkat menjadi meneg BUMN. Beliau adalah pengusaha yang memiliki berbagai unit usaha dari jasa pencetakan photo, restoran waralaba, minimarket dan property. Di ICMI beliau menjabat sebagai ketua Departemen Ekonomi ICMI.



Prof.Dr.Husni Rahim sepanjang kariernya tidak lepas dari dunia pendidikan. Ia memulai kariernya sebagai pegawai Kantor Inspeksi Pendidikan Agama Kotamadya Palembang, sambil merangkap sebagai guru agama. Kemudian menjadi dosen yang terus ditekuninya sambil berkiprah sebagai pegawai di Direktorat Pembinaan Perguruan Agama Islam Departemen Agama RI (sekarang Direktorat Pendidikan Tinggi Islam), hingga menjadi Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam (sekarang Direktorat Jenderal Pendidikan Islam). Tugas utama yang diembannya ketika itu adalah menangani masalah kebijakan dan pengambilan keputusan bagi pengembangan pendidikan Islam.Selepas
menjadi Dirjen di Departmen Agama sampai saat ini, Prof.Dr. Husni Rahim menjadi anggota Majelis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selain itu,beliau juga mengabdikan diri sebagai guru besar di Fakultas Tarbiyah UIN Jakarta


Direktur GERUTAS

Fuad Fachrudin adalah doktor di bidang “Social and Comparative Analysis in Education” dari University of Pittsburg. Beliau berpengalaman bekerja sebagai konsultan pendidikan dan praktisi dalam program pengembangan pendidikan dan perbaikan mutu pendidikan bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah seperti: Departemen Agama, Departmen Pendidikan Nasional, Departmen Koperasi, Yayasan Sukma (Media Indonesia), Asian Foundation, Research Institute for Socio Economics and Education (RISE), The Foundation of the Institute for Religion and Philosopy Studies, Institute for Human Resources and Community Development (PP Muhammadiyah), The World Bank, PPMA (Center for Agribusiness Community Development), dan LPS(Institute Development Studies) .

Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur di Gerutas (Gerakan Guru Berkualitas), direktur di INSEP (Indonesian Institute for Social Empowerment), kolumnis di harian Media Indonesia, serta dosen di fakultas tarbiyah UIN Syahid Jakarta dan pasca sarjana IAIN Raden Fatah Palembang. Buku hasil karya beliau adalah: “Agama dan Pendidikan Demokrasi: Pengalaman Muhammadiyah dan NU.”


Deputi Riset dan Kajian

Syamsir Alam adalah Seorang konsultan dalam pengembangan sekolah internasional, pakar dan praktisi dalam bidang ilmu pengukuran, pengujian, dan pengembangan integrasi karakter dalam pembelajaran.Konsultan yang pernah membidani pengembangan beberapa sekolah internasional di berbagai daerah di Indonesia, termasuk beberapa sekolah favorit di Jakarta dan pengembangan sekolah-sekolah unggul bagi anak-anak korban konflik dan bencana tsunami di Aceh. Dalam perjalanan karirnya beliau pernah berkarir di Balitbang Diknas dan menjadi wartawan The Jakarta Post.

Deputi Publikasi

Didin Syafruddin adalah dosen di fakultas Tarbiyah dan Pendidikan UIN Jakarta. Beliau adalah lulusan dari McGill University Canada. Bapak dari dua orang putra ini ahli di bidang pendidikan karakter.


Deputi Manajemen

Supriyanto (xupryan@yahoo.com), lulusan dari Fakultas MIPA Universitas Indonesia ini memiliki minat dan pengalaman kerja sebagai events/training management, antara lain pernah ikut menyelenggarakan kegiatan family gathering, seminar, training, racing, reuni, pesta, pameran untuk: Ditjen Pajak, Consortium for Assistance and Recovery towards Development in Indonesia (CARDI), Muhammadiyah, SD Al-Ikhlas, SD Al Azhar, SD St-Theresia, Schlumberger, Standard Chartered Bank, RS Gading Pluit, KPK, British Petroleum Indonesia, dan Lapindo Brantas. Bapak dari satu orang putra ini di Gerutas menjadi Deputy Management. Selain itu beliau juga menjadi creative producer di Renaisans Event & Training Center.


Konsultan dan Trainer pengembangan program pendidikan dan psikososial

Maila Dinia (maila_dinia@yahoo.com), dosen bidang ilmu budaya di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang ini adalah lulusan dari McGill University Kanada dan mempunyai sertifikat konselor kesehatan jiwa dari Netherlands Institute of Psychology. Beliau lulus S1 Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Negeri Jakarta. Semasa kuliahnya beliau aktif dalam kegiatan kepemudaan: pernah mengikuti program pertukaran pemuda Indonesia-Kanada (1997/1998), Duta Muda Indonesia di UNESCO-ACEID Conference di Bangkok (1999), menjadi mahasiswa berprestasi tingkat universitas dan finalis mahasiswa berprestasi tingkat nasional (2000), serta menjadi presiden Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada (2002-2004)

Ibu dari satu orang anak ini selain adalah seorang dosen, beliau juga bekerja sebagai konsultan, trainer dan peneliti di bidang pendidikan budaya, moral dan kesehatan jiwa. Beliau pernah bekerja sebagai program officer “Women and Politic” di Cetro, Psychosocial Cultural Officer di Medicins Sans Frontiers, konsultan dan trainer Monitoring and Evaluation di Consortium for Assistance and Recovery Development in Indonesia (CARDI), dan konsultan dan trainer pendidikan di British Council. Saat ini beliau sedang melanjutkan studi S3 di bidang pendidikan moral pada Universiti Putra Malaysia (UPM) Selangor, Malaysia. Di Gerutas beliau adalah konsultan dan trainer pengembangan pendidikan, budaya dan moral.


Manajer Publikasi

Mahyudin, lulusan Pasca Sarjana UIN Jakarta bergabung dengan GERUTAS sejak tahun 2008. Ia adalah Manajer Publikasi di Gerutas. Pengalamannya bekerja sebagai praktisi di dunia pendidikan dapat dibuktika dengan jabatannya sebagai supervisor Sekolah Sukma Bangsa (Yayasan Sukma Metro TV) di Pidie, Bireuen, dan Lhokseumawe sejak 2007 sampai sekarang. Beliau juga aktif sebagai peneliti di Peneliti Indonesian Institute for Society Empowerment (INSEP) dan Pusat pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) sejak tahun 2000 hingga sekarang.

1 comment: