Monday, August 10, 2009

Palembang Akan Terapkan Program Guru Berkualitas

Sumber berita : http://www.unsri.ac.id/blog/admin/sumatera-selatan/palembang-akan-terapkan-program-guru-berkualitas/mrdetail/1010/

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah di Kota Palembang, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) akan melaksanakan program Gerakan Guru Berkualitas (Gerutas).

"Nantinya, kurikulum yang akan diterapkan mengadopsi pada kurikulum yang diterapkan di Negara-negara berkembang. Kurikulum ini juga akan mengolah sistem pembelajaran khususnya di bidang sains, matematika dan bahasa Inggris," kata Samsir Alam, perwakilan dari Tim Pendidikan Guru Berkualitas ICMI, kepada wartawan, usai melakukan presentasi tentang program Gerutas ICMI di Ruang Rapat II Pemerintah Kota Palembang, Jumat (31/7).

Adapun sekolah-sekolah yang dijadikan sebagai percontohan pelaksanaan program tersebut yakni SMAN 17 Palembang (sebagai koordinator), SMAN 5 dan SMAN 6 Palembang. Dipilihnya sekolah-sekolah itu karena mereka adalah sekolah-sekolah unggulan di Kota Palembang.

Menurut Samsir, peningkatan program guru berkualitas merupakan program yang bersifat jangka panjang. Hal ini dikarenakan pola kurikulum harus mengikuti perkembangan zaman.

"Salah satu peningkatan tersebut dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada sekolah-sekolah, dan memotivasi guru," ujar Samsir.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang Hatta Wazol, mengatakan, untuk menindaklanjuti program ICMI itu, pihaknya telah melaksanakan program satu guru disupervisi dua pengawas dari dinas pendidikan.

"Kami mohon dukungan semua pihak agar program ini berjalan lancar, guna menghadapi peningkatan kompetisi global saat ini," ujar Hatta.

No comments:

Post a Comment