Sunday, September 20, 2009

Tindak Lanjut MoU antara Gerutas ICMI dengan Pemerintah Kota Palembang, Pemerintah kabupaten Prabumulih, Ogan Ilir, serta PT BA dan PT PUSRI


Menghadapi tantangan ke depan ketika jarak dan batas-batas antar negara semakin semu, mutlak dibutuhkan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang mampu menguasai ilmu dan teknologi dengan berbasis karakter yang kuat, sehingga berbagai potensi yang dimiliki bangsa ini dapat dikelola secara mandiri bagi kesejahteraan seluruh rakyat, bahkan bagi warga dunia.


Mimpi tersebut tentu membutuhkan komitmen bersama dari seluruh elemen bangsa untuk berkontribusi dalam sebuah sinergi. Untuk itulah Gerutas sebagai sebuah gerakan menjadi milik bangsa Indonesia dan merupakan upaya bersama individu, kelompok, institusi pemerintah maupun swasta yang peduli bagi kejayaan bangsa Indonesia ke depan.


Sebagai tindak lanjut tersebut saat ini telah ditandatangani MoU antara Gerutas ICMI dengan Pemerintah Kota Palembang, Pemerintah kabupaten Prabumulih, Ogan Ilir, serta PT BA (PT Tambang Bukit Asam, Persero, Tbk), dan PT PUSRI dalam rangka program peningkatan mutu pendidikan, dan perluasan akses pendidikan bermutu


Kerja sama Gerutas dengan PTBA dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan akses pendidikan bermutu di wilayah Muara Enim dan Lahat, melalui program Kemitraan dan Bina Lingkungan/ Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA.


Sebagai tahapan awal dari kegiatan tersebut telah dilakukan baseline study untuk memetakan kondisi dan potensi pendidikan tingkat menengah di wilayah Muara Enim dan Lahat. Kegiatan tersebut berlangsung pada bulan Juli dan Agustus 2009 dengan melibatkan sekolah SMA dan MA negeri dan swasta yang ada wilayah Muara Enim, Lahat, dan Pagar Alam.


Dalam kegiatan tersebut dilakukan tes kompetensi guru dan siswa, serta dilakukan focus grup diskusi dengan seluruh stakeholder sekolah (kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, anggota komite sekolah, serta koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat).

Dari kegiatan tesebut diperoleh berbagai informasi yang sangat berharga sehingga dapat diperoleh solusi yang tepat bagi perbaikan peningkatan mutu pendidikan di wilayah Muara Enim dan Lahat yang meliputi peningkatan profesionalitas guru dan kepala sekolah dalam hal kemampuan pedagogis, penguasaan materi, kemampuan manajemen, serta motivasi dan sikap dan karakter sebagai pendidik.


Hasil baseline study ini rencananya akan diseminarkan guna mendapat berbagai masukan untuk perbaikan.


Semoga upaya bersama ini memberi kontribusi berarti bagi pengembangan bangsa Indonesia ke depan agar semakin sejahtera, mandiri, dan bermartabat, dan tentunya mengharapkan dukungan lebih lanjut agar upaya ini semakin meluas ke seluruh nusantara.

No comments:

Post a Comment