Sunday, October 11, 2009

Sekolah Tenda GERUTAS PEDULI!



GERUTAS PEDULI

Pasca gempa 30 september 2009 yang berkekuatan 7.6 scala richter kesedihan menggelayut di ranah minang. Berdasarkan data sementara Satkorlak Pemerintah Sumatera Barat, jumlah korban tewas 548 orang, yang terkubur di perkirakan mencapai ribuan orang. Sedangkan, luka berat 323 orang, dan luka ringan 2.670 orang, serta 303 orang dilaporkan hilang.

Ribuan siswa sekolah dasar hingga menengah atas terancam tidak dapat bersekolah dan melakukan kegiatan belajar. Gempa telah meluluhlantakkan dan membuat bangunan sekolah tidak dapat digunakan. Menurut data Satkorlak Sumatera Barat, gedung sekolah yang rusak berat karena gempa mencapai 71 unit, rusak sedang 28 unit dan rusak ringan 44 unit.

Kerusakan berat gedung sekolah yang telah terdata, paling banyak terjadi di Kabupaten Padang Pariaman yakni 55 unit, sedangkan yang rusak di Kota Padang belum terdata. Diperkirakan 75% gedung sekolah di kota Padang rusak berat menurut sebuah harian.

Menyikapi hal ini GERUTAS peduli pendidikan bergerak bersama masyarakat untuk memberikan akses pendidikan darurat kepada siswa sekolah di daerah bencana. Rencananya Gerutas akan membuat sekolah tenda darurat, menyediakan jasa guru sukarela untuk sekolah yang kehilangan guru akibat bencana, menyalurkan bantuan buku pelajaran dan alat tulis, menyelenggarakan kegiatan psiko-sosial program bagi siswa sebagai usaha untuk membantu siswa dari trauma pasca bencana, dan menyelenggarakan training tanggap bencana bagi guru dan siswa.

Untuk suksesnya kegiatan sosial ini, GERUTAS menghimpun dana dari perorangan, perusahaan, lembaga, dan BUMN. Masyarakat yang tergerak untuk membantu dapat menyumbangkan tenaganya (menjadi sukarelawan pengumpulan dana atau sukarelawan guru dan konselor yang akan ditempatkan di daerah bencana) ataupun menyumbangkan material berupa uang, buku pelajaran, mainan anak, buku bacaan, alat tulis, alat sekolah (papan tulis, bangku, meja) dan lainnya.

Bayangkan :

Jika anda menyumbang uang sepuluh ribu rupiah berarti anda telah membantu

seorang anak di sumbar membeli tiga buku tulis

Jika anda menyumbang uang dua ratus ribu rupiah anda telah mengganti

4 kursi sekolah yang hancur karena gempa

Jika anda menyumbang lima ratus ribu rupiah anda telah membantu membelikan

1 papan tulis dan meja guru yang hancur karena gempa

Jika anda menyumbang dua juta rupiah anda telah membiayai 1 kali training

tanggap bencana untuk 40 orang siswa/guru

Setiap rupiah anda berguna bagi mereka…..


Bencana Gempa Telah Meluluh-lantakkan Sekolah Mereka

salurkan bantuan anda untuk pendidikan mereka ke

rek Niaga, cab. WTCSerpong,08001 48639 113

rek Mandiri, cab. Ciputat ,1280005930760

rek BCA,cab.Pamulang,4731102184

a/n Supriyanto (Deputi Manajemen GERUTAS)



Info lebih lanjut mengenai sekolah tenda GERUTAS PEDULI hubungi:

Supriyanto +6281805170715 atau 02199626494 dan Lidinia 02185464702 .

No comments:

Post a Comment